Sistem Rekrutmen SM-3T Tahun 2012
Sabtu, 23 Juni 2012 09:20

Sistem Rekrutmen

Rekrutmen calon peserta Program SM-3T tahun 2012 dilakukan di tingkat nasional dan LPTK.

1. Seleksi Tingkat Nasional
Seleksi Nasional dilakukan secara online dalam bentuk seleksi administrasi dan seleksi akademik.
a. Seleksi Administrasi
Seleksi administrasi dilaksanakan secara nasional, khususnya untuk memverifikasi relevansi program studi yang dibutuhkan, tahun lulus, dan peringkat akreditasi. jika salah satu persyaratan administrasi yang ditentukan tidak terpenuhi, peserta dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke seleksi berikutnya. bukti fisik selengkapnya akan diverifikasi oleh LPTK penyelenggara SM-3T pada saat seleksi non-akademik.
b Seleksi Akedemik
Seleksi akademik nasional meliputi tiga aspek, yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan dasar, dan tes penguasaan kompetensi akademik bidang studi/bidang keahlian.
1) Tes Potensi Akademik (TPA)
TPA bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang akademik atau keilmuan. TPA terdiri atas tes kemampuan berfikir: analogi, logis, analisis, deret numerik, dan komparasi. TPA dilaksanakan dengan durasi waktu 45 menit.
2) Tes Kemampuan Dasar
Tes Kemampuan dasar bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam bidang Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Tes Kemampuan dasar dilaksanakan dengan durasi waktu 60 menit.
3) Tes Penguasaan Kompetensi Akademik Bidang Studi/Bidang Keahlian
Tes penguasaan kompetensi bidang studi (untuk kkompetensi lulusan S-1 dan materi yang akan diajarkan) dimaksudkan untuk mengukur penguasaan bidang ilmu calon peserta sesuai dengan latar belakang Program Studi kesarjanannya. Tes bidang studi (18 bidang keprodian) dengan durasi waktu 90 menit. Delapan belas prodi tersebut adalah: PAUD, PGSD, PKn, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, Pendidikan Ekonomi, Bimbingan Konseling, Pendidikan Jasmani, dan Pendidikan TIK.
Peserta yang lulus seleksi nasional selanjutnya dapat mengikuti seleksi di tingkat LPTK
2. Seleksi Tingkat LPTK
Seleksi di tingkat LPTK meliputi verifikasi dokumen dan wawancara. Wawancara bertujuan untuk menemukenali potensi minat dan bakat sebagai pendidik. Strategi penelusuran minat dan bakat ini dapat delakukan secara individual atau Focus Group Discussion (FGD). Selain melalui wawancara, penelusuran minat dan bakat dilakukan melalui asesmen kepribadian menggunakan psikotes.






 

Hubungi Kami

WING C Lantai 4
Gedung Pinisi Universitas Negeri Makassar
Jl. Andi Pengeran Pettarani, Makassar
Sulawesi Selatan, Indonesia,
90222

Content Copyright © 2011 P3G UNM. All Rights Reserved. Web Design By Doodlebuff..

Link

Universitas Negeri Makassar
www.unm.ac.id
Direktorat Ketenagaan
dikti.kemdiknas.go.id
Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
ksg.dikti.go.id/majubersama/
Sertifikasi Guru
sertifikasiguru.org