DIKLAT MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
Jumat, 11 Maret 2011 03:32

Latar Belakang

Profesionalisme guru seperti yang tercantum dalam UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 dan UU Guru Dosen No. 14 Tahun 2005, dituntut agar memiliki kompetensi dalam menjalankan fungsinya. Salah satu kompetensi yang dituntut adalah kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Untuk memiliki kemampuan tersebut harus ditunjang dengan kemampuan mengelola pembelajaran dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM). Atas dasar tuntutan profesionalisme guru dan kenyataan tersebut di atas, maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model-model pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan dalam Proses Belajar Mengajar.

Rasional

Kurikulum 2006 pada tingkat pendidikan dasar dan menengah menuntut peran guru bergeser dari ”menentukan apa yang akan dipelajari ” menjadi ”bagaimana menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar siswa”. Pengalaman belajar siswa diperoleh melalui serangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh guru dalam bentuk skenario pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut di atas, maka sangat dibutuhkan guru yang memiliki kompetensi menggunakan model-model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam PBM di kelas, sehingga sasaran seperti yang tercantum dalam kurikulum dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Dengan demikian, pada akhirnya kualitas belajar siswa meningkat. Dengan demikian, guru akan memiliki kompetensi mengajar dengan menggunakan model-model pembelajaran, sehingga akan dapat meningkatkan kualitas Proses Belajar Mengajar.

Tujuan

Tujuan utama adalah (a) meningkatkan kompetensi guru dalam PBM, (b) dan peningkatan mutu pendidikan.

Tujuan Khusus adalah (a) guru dapat membuat RPP berdasarkan model-model pembelajaran, (b) guru dapat mengsimulasikan RPP yang telah dibuat pada bagian (i).


Materi Diklat

  1. Konsep Model Pembelajaran Kooperatif
  2. Konsep Model Pengajaran Langsung
  3. Konsep Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
  4. Proses Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model-model pembelajaran dengan melibatkan pendidikan karakter.

Metode

Workshop terdiri dari teori dan praktek dengan komposisi 30% untuk teori dan 70% untuk praktek. Adapun mekanisme kegiatan wokshop sebagai berikut.

  • Ceramah Umum : Pemahaman Model-model Pembelajaran
  • Ceramah Umum : cara membuat RPP berdasar pada model-model pembelajaran dengan   melibatkan pendidikan karakter
  • Workshop : membuat RPP berdasar pada model-model pembelajaran
  • Simulasi dan Revisi hasil workshop peserta
  • Presentase hasil

Peserta

Komponen yang dilibatkan dalam diklat ini adalah pembina dan pengelola pendidikan, yaitu: Guru Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA.

Fasilitator

Fasilitator diklat adalah Divisi Kemitraan P3G-UNM Lama Diklat

Empat hari (32 jam)

 

LOGIN



Link

Universitas Negeri Makassar
www.unm.ac.id
Direktorat Ketenagaan
dikti.kemdiknas.go.id
Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
ksg.dikti.go.id/majubersama/
Sertifikasi Guru
sertifikasiguru.org