Info Kurikulum 2013

Dapatkan Informasi Terbaru Kurikulum 2013.

Ketik: ikut <spasi> Kurikulum2013 (tahun tanpa spasi).

Kirim ke 081617088870. Menerima SMS Gratis

Download File

Latar Belakang
Senin, 14 Maret 2011 02:42

Pelaksanaan program sertifikasi guru dalam jabatan mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2010 menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam jabatan, baik yang belum maupun yang telah mengikuti sertifikasi masih memerlukan pembinaan berkelanjutan, terutama dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Hal ini diperkuat hasil temuan tim Monev KSG tahun 2009 bahwa guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG memiliki peningkatan kompetensi yang signifikan.

Data hasil kajian dan penelitian PSG Rayon 24 UNM menunjukkan 40 Persen dari jumlah peserta yang tidak lulus sertifikasi disebabkan oleh unsur kualifikasi dan tugas pokok, dengan perincian:

  • 25 Persen oleh kualifikasi dan bawah S-1,
  • 15 persen oleh ketidaksesuaian antara ijazah (S-1/S-2) dengan mata pelajaran/bidang studi yang diampu.
  • 35 Persen oleh minimnya pengetahuan dan menyusun RPP yang berbasis KTSP.
  • 25 Persen oleh rendahnya karya pengembangan profesi.

Dalam aspek praktek pembelajaran terdapat 30 persen peserta yang belum mampu menerapkan substansi KTSP ke dalam RPP, 35 persen peserta belum mampu mengubah paradigma mereka dari pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Hasil ujian tulis tahun 2010 juga menunjukkan bahwa secara umum peserta PLPG baru mencapai rerata skor minimal kelulusan untuk keseluruhan aspek yang meliputi; Pedagogik umum, proses pembelajaran, bidang studi, penelitian tindakan kelas dan karya tulis ilmiah.

Mencermati kenyataan tersebut, UNM sebagai LPTK penyelenggara sertifikasi guru dalam jabatan dan PPG (Pendidikan Profesi Guru) berkewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan dengan membentuk lembaga Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar (P3G-UNM) berdasarkan SK Rektor Universitas Negeri Makassar Nomor: 1651/H36/KP/2010 tanggal 14 Juli 2010.